REALTIME TRAIN DATA RECORDER PADA KERETA LIGHT RAIL TRANSIT BERBASIS INTERNET OF THINGS
Kata Kunci:
Haversine Formula, Kereta LRT, Monitoring Sistem, MQTT, Website ServerAbstrak
Kereta Light Rail Transit (LRT) merupakan angkutan kereta listrik yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota penyangganya seperti Bogor dan Bekasi. Kereta LRT sama seperti kereta pada umumnya yang kemungkinan mengalami terjadinya kecelakaan kereta maupun masalah pada sistem kereta. Hal ini dapat membahayakan keamanan dan keselamatan penumpang ketika kereta mengalami masalah sistem. Oleh karena itu jika terjadi kecelakaan kereta, petugas kontrol kereta perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk data sistem kereta yang valid. Melihat kondisi tersebut pada penelitian ini dibuatlah prototipe yang mampu monitoring atau memantau kondisi sistem kereta melalui jarak jauh. Prototipe ini dibuat dengan memperhitungkan suhu bearing, kelistrikan, kecepatan, kemiringan, dan waktu pada kereta LRT. Prototipe ini menerapkan metode haversine formula untuk mengetahui jarak yang ditempuh kereta LRT mulai ketika kereta berangkat hingga berhenti pada lokasi pemberhentian serta menggunakan protokol MQTT untuk komunikasi antara hadware dan software. Komunikasi protokol MQTT memiliki rata-rata delay waktu 0,801354 sekon ketika komunikasi antara hardware dan software. Serta data packet loss dari komunikasi MQTT sebesar 4,86%. Jarak yang ditempuh dengan menggunakan metode haversine formula memiliki nilai error rata-rata 0.5649%. Hasil packet data dari komunikasi akan terecord di memori dan database serta akan diolah dan divisualisasi pada Website Server.
Referensi
Abadi Nugroho, Abadi Nugroho. 2020.“Penerapan Metode Haversine formula Untuk Penentuan Titik Kumpul Pada Aplikasi Tanggap Bencana.” Metik Jurnal 4(2): 69–75.
Abilovani, Zavero Brillianata, Widhi Yahya,and Fariz Andri Bakhtiar. 2018. “Implementasi Protokol MQTT Untuk Sistem Monitoring Perangkat IoT.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya 2(12): 7521–27.
Aldian, Dwi Pamungkas. 2018.“ELEKTRONIK PADA RUANG PENUMPANG KAPAL FERRY BERBASIS LONG RANGE WIRELESS COMMUNICATIONS ( LORA ) ABSTRAK.” : 220.
Herianaa, Octa, and Heru Rahmat Mulyadib.2014. “Sistem Data Logger Lima Channel Input Untuk Sensor Navigasi Kapal Maritim.” Jurnal Elektronika dan Telekomunikasi 14(2): 61–66.
Mahendra Sanjaya, I Putu Gede, Cok Gede Indra Partha, and Duman Care Khrisne.2017. “Rancang Bangun Sistem Data Logger Berbasis Visual Pada Solar Cell.”Majalah Ilmiah Teknologi Elektro 16(3):114.
Mulatsih, Retno, and Sulistyowati. 2016.“STUDI KEPUASAN PENUMPANG KERETA API KAMANDAKA STIMART‘ AMNI ’ Semarang Kehadiran Kereta Api Di Indonesia Bawah Lingkungan PT Kereta Api Indonesia.” Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis 13(2): 119–30.
Putra, Estrada Witrias. 2009. “STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Dijalan Kaligawe Kota Semarang).” : 1–123.https://lib.unnes.ac.id/113/.
Romdloni, Moh Nazilus Sa’din, Riza Alfita,and Rosida Vivin Nahari. 2017. “Prototype Sistem Monitoring Dan Pengendalian Pintu Air Otomatis Sebagai Peringatan Dini Bahaya Banjir Berbasis Internet of Things.” Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya: 377–85.
Ulin Nuha. 2018. “Rancang Bangun Alat Ukur Iluminansi Penerangan Berbasis Data Logger Terintegrasi Dengan Iot ( Internet of Things ).”
Yulianto, Yulianto, Ramadiani Ramadiani, and Awang Harsa Kridalaksana. 2018.“Penerapan Formula Haversine Pada Sistem Informasi Geografis Pencarian Jarak Terdekat Lokasi Lapangan Futsal.”Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 13(1): 14.