AUGMENTED REALITY UNTUK PEMANTAUAN KONDISI PADA KENDARAAN INJEKSI BERBASIS ANDROID
Kata Kunci:
Augmented Reality, Pemantauan Kondisi, Mobil, OBD, MesinAbstrak
Kendaraan modern saat ini menggunakan sistem injeksi yang terintegrasi dengan sistem OBD (On Board Diagnostics). OBD berisi informasi mengenai data kondisi kendaraan. Data pada OBD dapat dibaca dengan menggunakan alat bernama scanner OBD dan aplikasi pendukungnya. Saat ini, di playstore tersedia beberapa aplikasi untuk membaca data dari scanner OBD. Aplikasi scanner OBD yang tersedia saat ini menampilkan data sensor dalam bentuk tampilan angka, grafik, dan gauge. Tampilan seperti ini kurang informatif dalam menjelaskan kondisi kendaraan bagi beberapa pengguna yang awam di bidang kendaraan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini membahas mengenai pembuatan aplikasi sistem pemantauan kondisi pada kendaraan injeksi yang diintegrasikan dengan Augmented Reality (AR). Sistem pemantauan kondisi ini dapat menampilkan informasi dari OBD dan beberapa informasi tambahan mengenai kegagalan untuk mempermudah proses maintenance. AR membantu untuk memberikan tampilan yang lebih informatif dalam menjelaskan kondisi dari kendaraan dibandingkan tampilan aplikasi scanner OBD yang tersedia saat ini. Hasil dari penelitian ini untuk sistem AR menghasilkan kesalahan 27% dari 78 sampel ketika pengujian visualisasi, dan pengujian identifikasi kegagalan menghasilkan kesalahan 0% dari 7 sampel kegagalan yang diuji.
Referensi
Badan Pusat Statistik. (2019, Januari) Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018.
[Online]. www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133
Ghulam Muhammad Nayazri. (2017, Desember) Indonesia Masih Jadi Pasar Sepeda Motor Ketiga di Dunia.
[Online]. www.otomotif.kompas.com/read/2017/12/02/082200615/indonesia-masihjadi-pasar-sepeda-motor-ketiga-didunia
Arif Arianto. (2011, Agustus) Kendaraan Bermotor di Indonesia Terbanyak di ASEAN. [Online]. www.gooto.com/read/352572/kendaraan-bermotor-di-indonesia-terbanyakdi-asean
Ulva Erida Nur Rochmah and Aris Rakhmadi, "PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENSIMULASIKAN DEKORASI RUANGAN SECARA REALTIME," Techno.COM, vol. 15, no. 4, pp. 312-319, November 2016.
Paul Baltusis, "On board vehicle diagnostics," SAE Technical Paper , no. 2004-21-0009, 2004.
Martin Hirzer, "Marker Detection for Augmented," Seminar/Project Image Analysis Graz, vol. 25, Oktober 2008.
Alex Okita, Learning C# Programming with Unity 3D, 2nd ed. Boca Raton: A K Peters/CRC Press, 2019.
Vuforia. Getting Started with Vuforia Engine in Unity. [Online]. https://library.vuforia.com/articles/Training/getting-started-with-vuforia-inunity.html
Jubilee Enterprise, BLENDER UNTUK PEMULA. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.